Flying Cute Baby Blue Butterfly

Kisah Kelahiran Kalandra di kehamilan 42weeks

Halooo semuanya.... 
Mau bagi2 pengalaman melahirkan yang masih angeet nih 
Jahitannya aja masih berasa loh,
ini ceritanya panjang banget, jangan lupa siapin cemilan ya,
sebelumnya mau kenalin anak saya dulu deh ya
Yang lahir di ukuran 42weeks TENG!
Berat 3220gr panjang 50cm 
Para Om Tante bisa panggil aku Kalandra yaa 


Ceritanya nih, dimulai dari HPL (Hari Perkiraan Lahir) saya 25 juli. 
Seminggu sebelum HPL saya periksa ke dokter X.
Nah katanya nih udah di wanti2 (atau kata lainnya sih ditakut2i untuk dirangsang tanggal 25 juli kalau gak ada kontraksi Akhirnya dari situ tanggal 25 juli emang saya niatin gak periksa soalnya pasti nanti disuruh induksi. Alasan deket2 lebaran jg jadi saya gak dateng deh ke poliklinik di RS dekat rumah.
Terus poliklinik libur 1 minggu lebaran, otomatis HPL saya udah lewat 1 minggu kan, yang artinya kehamilan saya udah di ukuran 41 weeks.  selama masa2 41weeks, ya perasaan saya sama kayak ibu2 yang lain, galau juga, gulana juga,  Searching sana sini, cari artikel pembenaran tentang melahirkan lewat dari HPL itu tidak masalah. 
dari baca2 di forum ibuhamil.com, browsing artikel2 di google, akhirnya nemulah website yang bagus, bidankita.com (bukan promosi loh)

Jadi intinya bidankita ini lokasi di klaten untuk yang mau melahirkan jg bisa disitu. Cuma disitu lebih fokus sama ritual meditasi semacam hypnobirthing, affirmasi gentle birth. Semacam itulah. Akhirnya saya dengarlah video affirmasinya di youtube (bisa di searching kok, free)
walaupun saya gak datang ke klaten untuk ikut kelas2 meditasinya, saya ikutin aja deh video sugesti2 tentang melahirkan.  irit di budget juga kan?? Saya dengerin videonya sambil menunggu kontraksi rahim yang belum datang2 sampai libur lebaran udah abis.
Akhirnya saya putuskan, tanggal 4 ke RS karena poliklinik udah buka, saya datang kesana untuk cek. Karena entah mules yang saya rasakan saat itu cuma sugesti saya atau beneran mules2 yang dibilang mau melahirkan, saya jg gak tau 
nah hari senin yang dinanti itu, bukan jadwal dokter yang biasa periksa saya. Tapi memang saya niatkan pakai dokter Y itu dulu untuk memastikan keadaan anak saya karena kuatir anak saya ada apa2.

Akhirnya dicek lah sama dokter Y (dokter ini dikenal tidak banyak bicara, cuma masuk ke kesimpulan akhir, sedang dokter X itu dokternya enak nyantai ngobrolnya, gak kayak orang kesusu kata orang jawa (red : keburu2) jelasin hasil usg.
Mungkin juga karena liat buku record saya di RS, udah lebih dari HPL, di USG cuma dilihat ketubannya aja, ketuban masih banyak (sedang dokter X bilang sebelum HPL saya di cek ketuban dia bilang 'cukup' tp dengan nada mewanti2 istilahnya nih ya berasa di arahkan untuk di SC aja.)

Nah karena dokter Y pas saya periksa hari senin itu bilang ketuban banyak, dia berencana juga VT (Vagina Toucher) saya, itu pertama kalinya saya rasain di periksa dalam hahaaha 
Akhirnya dokter bilang ada pembukaan, bukaan 2.
Girang dong sayanya. Gak nyangka ada pembukaan.

Ditanyain deh mau ngamar atau gimana? Saya sama suami sepakat pulang dulu aja dok karena rumah saya juga dekat dg RS, 2 menit juga udah sampai dan karena memang saya ini belum kerasa mules yang hebat atau gmn, jalan kaki dan aktivitas lainnya juga bisa.
Pulanglah saya dan suami  Nah setelah pulang itulah saya, saya keluar lendir darah. Saya sih belum panik banget ya, karena saya udah ngerasa kayaknya ada darah yang keluar setelah di VT sama dokter tadi. 
Akhirnya saya tetap dengan aktivitas saya, searching2 lagi artikel lain, tetap di website yang sama bidankita.com (perlu diingat sekali lagi loh, ini bukan promosi ya, saya juga gak pernah kesana loh Disana ada beberapa pengalaman ibu hamil yang lahir normal di ukuran 42w2d.
Bayangkan aja ? Itu paniknya berasa kayak apa? Udah kayak tinggal deket gunung merapi yang mau meletus kayaknya (sepertinya saya agak lebay ya kali ini  ) Barulah disitu saya sedikit tenang tapi tetap tidak mengurangi dan menutupi kegalauan hati saya. Tiap berdoa, selalu menangis, mengemis2 pada Tuhan semoga selalu diberikan kelancaran persalinan.

Selasa paginya, 5 Agustus, 
Kali ini saya langsung ke IGD, karena mama saya sudah telpon2 aja tanya gmn kabar saya dan nyuruh2 ke IGD, kalau sudah keluar lendir , harusnya udah sakit dan bukaannya nambah, kata mama saya gitu. Mama saya juga mungkin termasuk orang2 yang panik banget karena anaknya masih kuat jalan kemana2 sedangkan udah pembukaan 2 
(riwayat kehamilan mama saya sudah tidak bisa ngapain2 saat hamil juga saat ada pembukaan, jadi mama saya 9 bulan TENG kerjanya tidur terus,mual muntah gak bisa nyium bau apa aja, gak makan nasi dan makanan lain, kalau makan langsung dimuntahin lagi, akhirnya mama cuma makan buah dan minumnya sprite  dan jadilah saya ini)
dan sudah ada lendir darah, jadilah saya di paksa ke IGD dan suruh manut aja kalau disuruh dokter induksi.
Di IGD saya di VT dan masih tetap bukaan 2. Saya di sarankan untuk rekam jantung bayi, lagi2 saya menolak, saya bilang saya tunggu hari kamis (Karena kamis saya berencana ke dokter X yang biasanya periksa saya dan lihat saran dokter)

Lalu selasa sore, suami saya saranin saya untuk telpon bidankita itu .
Saya sih agak malu2 gimana gitu ya, soalnya kan kitanya gak kesana. Eh ini suami saya malah nyuruh konsultasi by phone, dia yakinkan saya kalau bidankita pasti melayani dengan senang hati.
Dan taraaaaa tak disangka tak dinyana, benar sekali.
Saya telpon waktu itu bicara dengan bidan Ita, saya bilang, mbak saya mau tanya2 dulu boleh ya?  (karena saya takut pas telpon malah ditanya mau pesan jadwal meditasi )
Dianya mengiyakan (sayanya agak takut2 gmn gitu soalnya kan konsultasi by phone hanya untuk memastikan keadaan saya dan janin sedangkan dia buka klinik bidan yang offline bukan cuma by online)

Saya memberanikan diri bertanya:
mbak ini kan saya hamil sudah lewat dari HPL (tp saya gak bilang lewat berapa hari), nah tadi kemarin di cek sama dokter bukaan 2, tp sampai skr gak nambah2 mbak, itu gmn ya?
dijawablah sama bidan Ita dengan jawaban yang menurut saya sih, jawaban paling menenangkan diantara banyak artikel yang saya baca.
Dia jelaskan banyak hal, lalu poin terpentingnya adalah

mbak harus tenang, rileks, lakukan apa yang mbak suka, jangan mikir kapan ya pembukaannya nambah, karena disaat otot2 tegang, malah pembukaannya gak nambah, tp kalau mbak tenang, rahim akan mulai mengikuti dan nambah2 sendiri bukaannya.
Sambil olahraga goyang inul, jongkok berdiri, minus jus nanas, makan kiwi, makan kates muda.

Nah setelah dikasih saran itu, saya lakuin deh beberapa sarannya  
sore hari beli jus nanas, malam harinya jongkok berdiri, dan goyang inul.
Saya juga tetap dengerin video affirmasi gentle birth dari bidankita di youtube .

Rabu, 6 agustus ,
Suami dan mertua saya terus bertanya apa saya sakit, saya nya masih tenang2 aja, karena memang gak kerasa apa2.
Saya dan suami ngobrol di kamar ngomongin, gimana kalau besok Dokter X nyaranin induksi? 
Kami berdua yang tadinya gigih percaya sama anak kami bahwa dia akan keluar pada saat yang dia tentukan sendiri.
Tiba2 mengingat besok sudah 42w, kami berdua sempat terlintas sedikit dipikiran kami untuk menerima saran dokter X untuk di induksi, tapi kami ingin memilih induksi dengan meminum obat.

Hari itu juga saya melakukan ngepel jongkok , beresin kamar, pokoknya menyibukkan diri sampai keringetan. Entah itu insting mau lahiran atau gmn , saya pengen beresin kamar, dan menyibukkan diri. 
Sempet keluar lendir darah juga hari itu (setelah VT pertama kali hari senin, saya jadi sering keluar lendir darah cuma tetap belum mules)

Kamis, 7 agustus 2014, tepat 42weeks TENG kehamilan saya,
jam setengah6 pagi perut saya mules. Sebenarnya sih jam 1 malem sudah ada rasa mules cuma gak saya rasa2in karena memang biasanya juga gitu.
Saya memang hari itu rencana periksa lagi ke dokter X. Cuma baru mau berangkat jam 10 pagi, tp tiba2 jam9 abis mandi, ada yang tiba2 cuuuuur...dari CD saya. 3 kali cuuur tapi cuma ngerembes dikit sih. Gak keluar lagi setelah itu. Air tidak berwarna, bukan pipis, saya menduga ini pasti yang dinamakan ketuban.

Akhirnya saya berangkat deh jam9 ke RS. Waktu masuk ruang dokter, saya blg ini sudah mules2 dok, tadi ada yang rembes dikit.
Akhirnya di USG, dilihat berat janin 4 kg , ohmegaaad saya shock setengah idup tuh   terus dicek lagi jadi 3,7kg. Dokternya sih sepertinya nakut2in saya aja supaya saya pakai jasanya untuk di operasi SC, dulu juga dia pernah liatin di layar USG kalau ada 1 lilitan tali pusar anak saya pas periksa sebelum2nya. ( Bukan berburuk sangka sih, cuma memang suami saya ini orangnya gak percayaan, jadilah semua analisa dokter dijadikan hal yang tidak harus di percaya 100% ) 

skip skip, di VT lah saya, katanya udah bukaan 4 akhirnya saya disuruh ngamar hari ini itu juga setelah periksa.
Mules saya makin bertambah .
Sambil nungguin suami saya ke bagian pendaftaran kamar bersalin, saya tahan2 aja mules2 itu yang pelan2 mulai membuat saya meringis2.

Akhirnya sekitar jam 1an saya masuk ruang bersalin (saya kurang tau persisnya jam berapa, karena udah gak liat2 jam lagi udah mikirin kontraksi rahim yang makin menjadi2.)

Saya udah disuruh tiduran (oh ya sebelumnya saya disuruh rekam jantung bayi sama dokter karena udah lewat dari HPL, jadi harus tau kondisi bayinya) 
waktu lagi di rekam jantung mulesnya sih masih bisa di tahan2 .

Abis rekam jantung, nunggu kontraksi yang makin menggila (kali ini udah menggila bukan menjadi2 lagi )
selama saya di ruang bersalin, suami aku selalu ada disamping saya, sambil ngobrol ya sambil ngerasain mulesnya .

Kali ini dokter dateng untuk cek bukaan, yang sebelumnya di cek bidan udah bukaan 6 pas pindah ke ruang bersalin.
mungkin 1 jam kemudian udah bukaan 7, pas di cek dokter,

Nah sakitnya udah mulai tuh buat saya meronta2, suami saya sudah mulai gelisah denger saya berisik teriak2 tiap kali kontraksi dateng. 
Saya minta suami pijet2 pinggang belakang saya yang sakitnya udah berasa mau patah.
Suami selalu ingetin buat tarik nafas panjang tiap kali kontraksi, tp semakin lama aku semakin gak bisa disuruh untuk tarik napas karena sakitnya ternyata wow banget.

Di cek dalam lagi untuk kesekian kalinya, udah bukaan lengkap cuma kata bidan bayinya belum turun sampai bawah.
Dan kali ini rasa pengen ngeden saya udah gak bisa di stop. Udah kebelet ngeden, ngeden, dan ngeden.
Tetep suami ingetin untuk tarik napas panjang , bidannya juga nyuruh saya napas panjang buang dari mulut pada saat kontraksi dateng,
Tapi lagi2 semua perintah itu gak saya dengerin ketutup sama rasa pengen ngeden yang makin kuat.
Bidan udah nyaranin saya miring kiri terus sejak bukaan 7 biar makin cepet lahirannya, terus setelah bukaan lengkap, saya disuruh mending duduk bersila biar kepala bayi cepet turun sesuai gravitasi bumi. Akhirnya saya coba duduk, sakitnya makin Eheeeeem BANGET
Rasanya kontraksi saat2 terakhir mau ngelahirin itu seperti rasa2 pengen BAB yang terbesar dalam hidup saya yang pernah saya alami .

Dan tadaaaa....
kira2 jam setengah 5 bidan udah nyiapin semua peralatan, udah coba ajarin saya ngeden pada saat kontraksi dateng, kaki ngangkang lebar,tangan dibuat penarik paha untuk kekuatan ngeden, tarik napas panjang, gigi rapat tanpa suara, dan itu lah saatnya ngedeeen...

Untuk 1 kali kontraksi datang saya cuma bisa 2 kali ngeden , pertama bisa agak lama ngeden, yang kedua agak pendek.
saya ngeden cukup lama. Mungkin 30menitan.

setelah mungkin ngeden ke 6 atau ke 7 kalinya baru suami saya bilang
"ayo beb terus beb, udah keliatan beb"
2 Bidan yang nolong saya juga udah bilang, "ayo bu pinter kurang dikit lagi "

Dalam hati saya sudah bilang, 
"saya akan lahirkan anak saya, dia akan keluar sebentar lagi, saya siap!"

Ngeden lagi lah saya, kira2 di kontraksi ke 8, 
sebelumnya waktu kepala udah anak saya udah keliatan, bidan udah gunting2 tuh jalan lahir saya, kerasa digunting tp sakitnya udah bener2 gak kerasa, ketimbang rasa pengen ketemu anak saya yang kepalanya bentar lagi mau keluar 

dan saat kontraksi belum datang, bidan bilang
"nekad aja bu ya kali ini, ngeden yang lama sekuat2nya"
Suami saya juga bilang
"ayo beb, Kalandra udah berjuang, sekarang giliran kamu ya" sambil dia cium kening saya penuh cinta 

Kontraksi berikutnya, saya nekatin, ngeden yang terlama selama kontraksi berlangsung, jam 17.10, akhirnya anak saya keluar dan rasanya "Amazing" 
Saya belum percaya saya bisa lalui itu semua saat itu.
Anak saya lahir dengan tangisannya saat di bersihkan bidan di bawah kedua paha saya yang masih terbuka lebar.
Saya belum bisa lihat anak saya waktu itu tapi suami saya sudah cium kening saya,
Setelah anak saya di bersihkan, ditaruh di box dekat kasur saya, saya cuma bisa lihatin dia noleh ke arah saya.
Suami saya yang saat itu masih duduk di samping saya, matanya berair penuh haru ngeliatin anak yang selama ini ngumpet dalem perut selama 42 weeks. 
Dan itu lah kronologis yang panjang lebar  yang saya bisa saya ceritakan.
Terima kasih ya yang udah nyempetin baca, semoga kisah saya bisa jadi inspirasi dan penyemangat untuk semua ibu2 hamil yang lagi galau tungguin bayinya gak juga launching lewat HPL

Ingat bunda, yang terpenting, 
Percayakan pada anak bunda yang masih dalam perut bahwa dia memilih waktunya sendiri untuk siap dilahirkan.
Bunda juga harus selalu yakin bahwa tubuh bunda adalah tempat yang paling sempurna untuk pertumbuhan anak bunda.
Bahwa tubuh bunda tau cara terbaik untuk melahirkan anak bunda.
Karena wanita diciptakan untuk melahirkan.
(ini beberapa sugesti yang saya ingat saat saya sedang dalam ruang bersalin)




Semoga pengalaman melahirkan ini bisa berguna untuk semua ibu hamil yang sedang dilanda kegalauan karena kehamilannya sudah lewat dari HPL (Hari Perkiraan Lahir)

Copyright by Catatan Aica. Powered by Blogger.